Senin, 01 Oktober 2012

MSDM (part 2)

Manajemen Sumber Daya Manusia(Pertemuan Ke 2) 

·         Dalam fungsi pengorganisasian, manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
·         Kerangka kerja tersebut dinamakan sebagai Desain Organisasi.
·          Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
·         Stuktur Organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan alokasi sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat dikoordinasikan dan dikomunikasikan 

Empat pilar pengorganisasian
·         Pilar Pertama : Pembagian kerja (division of work) / Spesialisasi Kerja
·         Pilar Kedua : Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
·         Pilar Ketiga : Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy)
·         Pilar Keempat : Penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi / koordinasi (coordination)
     
Desaign dan struktur organisasi
  1. Spesialisasi Kerja
  2. Departementalisasi: fungsional, produk, geografis, proses, pelanggan
  3. Rantai Komando
  4. Rentang Kendali
  5. Spesialisasi dan Desentralisasi
  6. Formalisasi    

Fungsi MSDM
·         Fungsi Perencanaan : Perencanaan SDM (human recources planing) adalah perencanaan tenaga kerja secara efektif serta efisien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan program kepegawaian (pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan dan pemberhentian karyawan).
·         Fungsi Rekruitmen dan Seleksi : SDM melakukan perekrutan dan seleksi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dalam proses seleksi, departemen sumber daya manusia melakukan penyaringan melalui wawancara, tes, dan menyelidiki latar belakang pelamar.
·         Fungsi Pelatihan dan Pengembangan adalah proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan.pendidikan dan pelatihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar